Nyentrik dan Stylish, Inilah Model Atap Rumah Minimalis Masa Kini

Nyentrik dan Stylish, Inilah  Model Atap Rumah Minimalis Masa Kini

Nyentrik dan Stylish, Inilah  Model Atap Rumah Minimalis Masa Kini

Pin oleh Ole Gunnar di Yang Saya Simpan | Rumah minimalis, Rumah modern,  RumahSumber Sri Rejeki Genteng – Atap rumah yang ideal haruslah terbuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap segala cuaca. Dari segi arsitektur mungkin desain seperti ini cukup mencolok mata. Jenis konstruksi yang digunakan dapat berupa rangka kayu miring dengah arah hadap yang sama. Jadi difokuskan untuk membuat miring satu bagian sisinya saja. Nyentrik dan Stylish, Inilah Model Atap Rumah Minimalis Masa Kini

1.   Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim

Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim 

Tidak jarang ditemukan model atap rumah minimalis yang berbentuk ekstrim, seperti atap dari dak beton yang dipasang dengan tingkat kemiringan yang tinggi. Konsep desain seperti ini digunakan untuk meninggikan langit-langit dengan tipe-tipe plafon berukuran rendah, sehingga pertukaran udara di dalam rumah jauh lebih sehat dan tidak lembap.

Model Atap Rumah Minimalis dengan Kecuraman yang Ekstrim 

Pada model atap rumah minimalis bernama Steep Shed Roof ini, konsep desainnya dikombinasikan dengan elemen tradisional, seperti katu dan bambu untuk menciptakan kesan sejuk yang lebih maksimal.

2.   Model Atap Rumah Minimalis Datar dari Bahan Konkret

Model Atap Rumah Minimalis Datar dari Bahan Konkret

Model atap rumah minimalis ini adalah model yang paling umum ditemukan di kawasan perumahan mewah bergaya modern. Atap ini terbuat dak beton kedap air yang dilapisi semen.

Karena tidak ada kemiringan, perlu dibuat sebuah sistem drainase yang baik pada model atap agar air hujan tidak menggenang atau membanjiri atap. Namun, dengan bentuknya yang datar, model atap rumah minimalis ini cocok diaplikasikan pada taman atau kebun di atap rumah.

2.    Model Atap Rumah Minimalis Jenis Skilion

Model Atap Rumah Minimalis Jenis Skilion

Atap berjenis skilion adalah model atap rumah minimalis yang biasanya diterapkan pada tipe-tipe rumah yang dipasarkan di Indonesia. Bentuknya merupakan peralihan dari atap konvensional dengan dua sisi berlawanan arah, tapi kedua sisinya seperti terpotong tidak simetris.

Bagian tengah yang terpotong ini yang biasanya dijadikan tempat untuk sistem saluran air. Kemiringan model atap rumah minimalis ini pun lebih curam daripada atap konvensional.

3. Model Atap Rumah Minimalis pada Skandinavian House

Model Atap Rumah Minimalis pada Skandinavian House

Selain jenis skilion, model atap rumah minimalis untuk rumah-rumah di negara Skandinavian juga merupakan model atap minimalis yang dimodifikasi dari model atap konvensional. Pada model atap rumah minimalis ini, atap terbentuk dari satu sisi dengan kemiringan yang landai.

Bagian overhang (teritis) atap sengaja dipotong dan digantikan dengan dak benton yang datar. Model atap rumah minimalis ini merupakan peleburan dari dua konsep desain berbeda yaitu, skandinavian dan minimalis.

4.  Model Atap Rumah Minimalis Berbentuk V

Model Atap Rumah Minimalis Bentuk V

Model atap rumah minimalis yang satu ini selain dikenal dengan atap berbentuk hurf V, juga dikenal dengan nama butterfly roof, karena memang bentuknya persis seperti kepakkan sayap kupu-kupu. Tidak seperti model atap rumah minimalis pada umumnya yang overhang-nya dibuat menurun, overhang atap ini dibuat menghadap ke atas.

Model Atap Rumah Minimalis Bentuk V

Namun, sepasang sayap tersebut kedua sisinya tidak simetris, salah satu dibuat lebih landai dan menurun sebagai jalan turunnya air hujan. Bagian yang menjadi tempat bertemunya kedua sayap di dalam ruangan terlihat membenam, sehingga memberikan pengalaman ruang yang unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *