Mengecat Genteng Rumah?

genteng keramik

genteng keramikMENGECAT GENTENG RUMAH?

GentengGenteng yang pada umumnya adalah dimana genteng tanah liat yang berwarna cokelat. Bahkan rumah yang sudah lama atau tua, genteng akan berubah warna menjadi cokelat kehitaman. Namun kini hadir genteng dengan berbagai macam jenis, dimulai dari genteng keramik, genteng beton, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong soal genteng, apakah bisa genteng rumah dicat dengan warna agar tidak berwarna cokelat saja?

Peralatan dan Bahan untuk Mengecat Atap Rumah (Tanah Liat)

  1. Cat dasar atau putty atau plamir. Gunakanlah cat dasar tembok biasa.
  2. Cat genteng. Pilih produk cat yang memang didesain untuk genteng. Cat genteng sendiri sebetulnya tak begitu berbeda dengan cat dinding, hanya dibuat lebih spesifik. Misalnya, memiliki resistensi yang lebih baik terhadap panas dan hujan.
  3. Alat untuk aplikasi cat. Saran kami, agar Anda tidak lelah, aplikasikanlah cat dengan spray gun, bukan kuas. Spray gun atau alat semprot cat sendiri bisa Anda beli atau Anda pinjam dari kawan Anda yang bekerja di bidang konstruksi. Namun, ingat, tak semua cat bisa diaplikasikan dengan spray gun. Jenis cat yang biasanya didesain untuk metode ini adalah cat duco.
  4. Clear coat, varnish (pernis), atau cat bening sebagai pelapis untuk melindungi lapisan warna cat genteng (bila perlu). Pilih yang PU (polyurethane based) yang sifatnya heavy duty.
  5. Amplas
  6. Air dan selang untuk membersihkan cat
  7. Kaporit atau pembersih lainnya untuk menghilangkan jamur
  8. Alat pengalam saat mengecat
cara mengecat atap
Pengecatan genteng warna oranye, image: tikkurila.com

Mengecat Genteng Lama yang Sudah Terpasang dan Bekas

  1. Siapkan pembersih dan produk anti jamur yang aman digunakan. Genteng lama secara umum lebih kotor dan biasanya sudah ditumbuhi jamur, jadi harus dibersihkan secara ekstra.
  2. Lakukan pembersihan. Gosok genteng di bagian yang nodanya banyak dengan amplas. Gunakan antijamur semacam kaporit.
  3. Bilas dengan air. Gunakan selang yang bisa dipakai ke atas agar Anda tidak lelah.
  4. Biarkan genteng mengering dengan baik.
  5. Siapkan cat dasar. Encerkan bila perlu diencerkan. Cat dasar untuk genteng sendiri tak beda dengan plamir tembok atau putty untuk kayu.
  6. Terapkan cat dasar ke genteng.
  7. Tunggu, biarkan hingga kering. Bacalah rekomendasi pemakaian plamir dan lama waktu keringnya.
  8. Siapkan cat untuk genteng. Aplikasikan sesuai metode rekomendasinya.
  9. Tunggu, biarkan hingga kering. Bacalah rekomendasi pemakaian plamir dan lama waktu keringnya.
  10. Lakukan langkah di atas untuk clear coat bila Anda membutuhkannya. Bila cat genteng Anda tak perlu dilapisi clear coat atau top coat, maka Anda bisa melewati langkah ini.

Mengecat Genteng Baru Tanah Liat Baru

Cara mengecat genteng yang masih baru tak berbeda dengan panduan mengecat atap yang disebut di atas. Hanya, karena genteng yang akan dicat masih baru, Anda tak perlu terlalu “lelah” untuk membersihkannya.
Tips Tambahan I: Finishing Genteng Tanpa Dempul atau Cat Dasar?
Boleh saja mengecat atap tanpa cat dasar, tapi pilihlah produk cat yang “all in” alias sudah mengandung elemen cat dasar. Cat-cat seperti ini serupa dengan cat kayu besi yang aplikasinya tanpa butuh bahan finishing yang lain.
Tips Tambahan II: Mengecat Atap Mengkilap?
Ingin tahu cara mengecat genteng agar mengkilap? Mudah! Gunakan cat genteng atau top coat dengan tingkat kilap glossy atau semi glossy. Biasanya, ada keterangan tingkat kilau pada cat. Hindari cat dengan tingkat kilau matte, doff, hingga eggshell.
Mengecatlah saat kondisi cerah, image: sciencedaily.com
Tips Penting lainnya
  1. Mengecatlah di hari yang cerah, tidak tinggi kelembabannya, dan tidak mendung atau akan hujan.
  2. Gunakan pelindung.
  3. Sebaiknya gunakan cat yang bisa disemprot agar pekerjaan Anda lebih ringan. Tapi kalaupun Anda ingin menggunakan kuas, sebenarnya juga tak mengapa hanya saja lebih melelahkan.
  4. Aplikasikan secukupnya. Jangan berlebihan agar cat tidak menetes ke dalam rumah atau mengalir ke dinding.
  5. Gunakan cat yang aman digunakan.
  6. Pastikan catnya waterproof.
  7. Pilih warna cat yang sesuai dengan warna cat tembok Anda.
  8. Kalau Anda tak terbiasa bekerja di atas atap, jangan lakukan sendiri tutorial cara mengecat genteng di atas!

PUSAT GENTENG DI JOGJA – GENTENG BERKUALITAS JOGJA – GENTENG TERLENGKAP JOGJA – Pusat Genteng Terlengkap di Jogja. Harga Terjangkau banyak pilihan dan Berkualitas. Untuk pemesanan KLIK DISINI | Hubungi kami di Telp: (0274)623 225 | WA: 085101470536 | Fax: (0274)641 5387 | Email: ssrgenteng@yahoo.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *