Keunggulan Genteng Beton

Keunggulan Genteng Beton

Keunggulan Genteng Beton

Genteng Sebuah rumah umumnya memiliki sebuah penutup ataupun pelindung dari hujan ataupun dari terik panas matahari. Nah tentunya pasti peran genteng sangat penting disebuah rumah. Dengan adanya genteng mampu menutupi dan melindungi dari cuaca dari diluar. Untuk Genteng  sendiri memiliki beberapa macam jenisnya seperti genteng tanah liat, genteng kermik, genteng beton dan genteng metal.

Nah kali ini kita akan membahas kelebihan dari genteng Beton. Genteng beton dibuat menggunakan campuran semen dan pasir yang kemudian dikombinasikan dengan pigmen berwarna. Campuran tersebut kemudian diolah dalam ekstrusi tekanan tinggi dan dipanasi sehingga menghasilkan genteng beton yang berkualitas. Dulu genteng beton jarang ditemukan. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, kini proses produksi genteng beton menjadi semakin mudah dan murah sehingga makin diminati masyarakat. Genteng  beton sendiri dibagi menjadi dua tipe. Ada genteng beton gelombang dan genteng beton flat. Kedua tipe genteng ini memiliki daya tutup yang sama, yaitu 11 genteng per meter persegi. Keunggulan dari Genteng Beton :

1. Genteng beton tahan serangan biologis

Genteng beton memiliki sifat yang tahan akan serangan biologis seperti polusi suara dan suhu udara. Kemampuan isolasi akustik dan termalnya diakui sangat baik berdasarkan sebuah penelitian. Dengan demikian, penghuni rumah yang menggunakan genteng beton ini akan terbebas dari kebisingan dan suhu udara yang terlalu panas atau dingin. Suasana di dalam rumah pun jadi lebih nyaman. Genteng ini cocok untuk kamu pemilik rumah yang berada di pinggir jalan raya.

2. Genteng beton tidak mudah berubah bentuknya

Genteng tanah liat harus melewati pembakaran pada proses produksinya sehingga bentuknya terkadang akan berubah dan tidak serupa satu sama lain. Sedangkan genteng beton tidak melewati proses pembakaran sehingga bentuknya tidak akan berubah dan presisi dengan genteng beton lainnya. Tanpa ada perubahan bentuk selama proses produksi, genteng beton akan lebih mudah dipasang. Pengisian nat pun akan menjadi lebih rapat dan resiko kebocoran akan berkurang.

3. Genteng beton tahan karat

Material berbahan dasar besi akan mudah mengalami karat jika terpapar sinar matahari dan air hujan terus-menerus. Perawatan anti karat jelas harus dilakukan oleh pemilik rumah dengan genteng metal. Genteng beton cenderung bebas dari karat. Pemilik rumah tidak perlu repot untuk hal perawatan rutin. Pemasangan genteng beton ini harus dilakukan dengan hati-hati dan detail sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja.

Selain itu, beberapa produsen genteng beton hanya menggunakan cat minyak untuk proses pewarnaannya sehingga kualitas kecerahan warna kurang terasa. Solusinya, kamu bisa mencari genteng dari produsen yang memiliki kualitas tinggi.

4. Harga genteng beton lebih murah dari genteng keramik

Jika dibandingkan dengan genteng beton, genteng keramik memiliki kualitas yang baik juga. Misalnya saja warna yang tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Bisa dibilang kualitasnya beda-beda tipis dengan kualitas genteng beton. Yang membedakan kedua genteng ini adalah harganya. Dengan harga genteng beton yang lebih murah, kamu tetap bisa mendapatkan kualitas genteng terbaik.

5. Genteng beton memiliki daya tahan kuat

Dibandingkan dengan genteng berbahan dasar lainnya, genteng beton ini memiliki daya tahan kuat yang paling tinggi. Genteng yang satu ini memiliki tingkat efisiensi tinggi terhadap lingkungannya. Material ini mampu menahan beban berat dan tidak akan mudah retak. Jika mengalami perubahan suhu dan terkena api, material ini tetap bisa bertahan. Usia penggunaannya sangat lama, bisa mencapai 20 tahun.

6. Genteng beton mampu memantulkan panas

Jika dibandingkan dengan genteng tanah liat yang mampu menyerap suhu panas, genteng beton justru mampu memantulkan panas. Hasilnya? Suhu ruangan yang ada di bawah atap ini akan terasa lebih sejuk di siang hari atau pada musim kemarau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *