Alasan Mengapa Memilih Genteng Keramik

Alasan Mengapa Memilih Genteng Keramik

Alasan Mengapa Memilih Genteng Keramik

Genteng Keramik Genteng didesain untuk melindungi dari hujan dan panas terik matahari. Dengan itu pastinya setiap orang menginginkan sebuah genteng yang terbaik untuk hunian rumahnya. Untuk saat ini tentu ada beberapa genteng yang di jual di toko bangunan yang bisa dipilih. Salah satu genteng yang saat ini tengah trending yakni genteng keramik.

Genting keramik memiliki bahan yang kurang lebih sama dengan genting tradisional, yakni terbuat dari tanah liat. Namun genting yang satu ini menggunakan material tanah liat disortir yang kemudian dicetak, dan di tekan atau press. Tetapi perbedaannya dalam pembuatan genteng keramik, tanah liat digiling terlebih dahulu dan tanah liat yang kasar akan disortir dengan penyaring khusus. Selanjutnya tanah liat yang bagus di cetak dengan mesin press, sehingga kepadatan, kekuatan dan kepresisian dari tiap genteng sama. Selanjutnya dilakukan proses pembakaran dengan teknologi modern pada suhu 1000 derajat celcius, sehingga tanah liat berubah menjadi sangat keras seperti keramik lantai.

Meskipun saat ini sudah banyak pabrikan yang memproduksi genteng jenis ini, namun bukan berarti tiap pabrikan membuat komposisi yang berbeda sendiri-sendiri. Berikut beberapa komposisi utama pembuatan genteng keramik yang umum digunakan.

  1. Komponen utama : tanah liat & kaolin
  2. Bahan baku (mengurangi susut) : pasir kuarsa
  3. Aditif : surfactants & plasticizer
  4. Pelapis : Nepheline, terak & feldspars (untuk mengurangi suhu sintering)

Memang tidak sampai sejuta pula kelebihan yang dimilikinya. Namun manfaat yang akan diterima oleh penggunanya, layak menjadi bahan pertimbangan utama untuk menentukan jenis genteng seperti apa yang terbaik bagi anda. Simak saja kelebihan – kelebihan berikut, agar anda lebih yakin untuk memilih genteng keramik.

1. Tahan Terhadap Segala Cuaca

 

Jika anda tinggal pada daerah yang memiliki cuaca ekstrim dan sering tidak menentu perubahannya, anda tidak perlu khawatir. Sebab, genteng keramik dapat bertahan dari korosi dan cuaca ekstrim berkat interlock yang dimilikinya. Interlock yang dimiliki genteng jenis ini jauh lebih baik dibanding genteng beton, genteng tanah liat ataupun genteng metal.

2. Daya Tahan Superior

Anda membutuhkan genteng dengan kekuatan yang besar? genteng keramik bisa menjadi jawaban untuk anda. Jenis genteng ini diberikan kemampuan dan daya tahan terhadap beban hingga 180 kg. Hal ini disebabkan karena genteng ini melalui proses cetakan presisi dan proses pembakaran yang sempurna, sehingga dapat menahan beban secara terpusat.

3. Tidak Menyerap Air Hujan

Daya serap genteng keramik pada umumnya hanya kurang dari 7%, sehingga dalam kondisi basah genteng tidak akan memberikan beban yang berlebih pada struktur atap. Jarak antar struktur kuda – kuda dapat dibuat sedikit renggang, karena beban yang diterima rangka atap baja ringan tidak terlalu berat. Bagi anda yang menggunakan struktur atap baja ringan bisa jadi ini adalah keuntungan, karena dapat sedikit berhemat dalam pengadaan rangka atap.

4. Warna Lebih Tahan Lama

Warna yang dimiliki oleh genteng keramik, adalah warna alami yang dihasilkan dari proses pembakaran modern dengan suhu lebih dari 1000 derajat celcius. Sehingga warna tersebut lebih tahan lama dibanding jenis genteng lainnya.

5. Ramah Terhadap Lingkungan

Kelebihan utama lainnya dari genteng keramik adalah komposisi pembuatannya yang berasal dari bahan-bahan yang tidak berbahaya terhadap lingkungan. Sehingga memilih jenis genteng ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda yang sedang ingin membangun rumah atau sekedar merenovasi atap rumah.

6. Tidak Memerlukan Perawatan Khusus

Genteng keramik cocok untuk dipalikasikan pada berbagai jenis gaya eksterior rumah. Dan pada dasarnya tidak membutuhkan perawatan khusus, karena perlakuan khusus telah dilakukan pada tahapan proses pembuatan, sehingga perawatan khusus tidak perlu lagi dilakukan. Anda hanya perlu memilih warna yang sesuai untuk dipadu padankan dengan fasad rumah anda.

7. Tidak Menghantarkan Panas

Genteng keramik memiliki sifat isolasi tinggi sehingga mampu menjaga iklim mikro dalam sebuah objek bangunan. Selama musim panas tiba, hantaran panas dari luar bangunan tidak akan menembus dalam bangunan, sehingga udara tetap sejuk. Sebaliknya, jika musim hujan atau musim dingin tiba, kehangatan justru terjaga dan tersimpan lebih lama di dalam ruangan.

Nah berikut tadi merupakan kelebihan dari Genteng Keramik , semoga membantu anda dalam menentukan genteng rumah anda ya.

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *