Tips Mengetahui Kualitas Genteng Tanah

genteng jogja kebumen solo magelang purworejo 

Apa yang terlintas pertama kali jika mendengar komponen bangunan rumah? Pasti akan terlintas dengan genteng, keramik, jendela, pintu, dan masih banyak lagi. Kali ini akan bahas tentang genteng, genteng merupakan komponen bangunan rumah yang identik dengan perlindungan, yaitu perlindungan dari panas dan air hujan. Akan tetapi jika genteng terlalu sering terpapar sinar matahari di musim kemarau dan terlalu sering terkena air hujan dimusim hujan, pasti akan mengakibatkan kerusakan genteng dan berujung kebocoran. Maka dari itu kita seharusnya memilih genteng dengan kualitas baik. Genteng yang baik harus mampu melindungi penghuninya dari panasnya sinar matahari dan rintik air hujan. Tapi bagaimana dengan orang awam seperti kita yang tidak mengerti tentang genteng?
Di bawah ini akan kami jelaskan tips mengetahui kualitas genteng tanah.

Tidak ada retakan pada genteng

Cara yang pertama adalah dengan cara visual. Genteng yang baik akan nampak mulus tidak memiliki retakan sedikitpun. Adanya retakan walaupun kecil dapat menyebabkan air merembes sehingga mengakibatkan kebocoran. Pada beberapa penggunaan atap, genteng tanah sering juga diberi cat tertentu supaya dapat menutupi retakan sekaligus menambah kelicinan sehingga atap tidak bocor dan menjadi bertambah menarik.

Air tidak merembes jika disiram

Taruh genteng tersebut dengan kemiringan tertentu seperti menyerupai atap. Lalu coba siram genteng tersebut beberapa kali dengan menggunakan air. Penyiraman harus hati-hati supaya tidak mengalir ke bagian bawah genteng. Setelah selesai menyiram, perhatikan bagian bawah genteng. Genteng yang baik akan memiliki bagian bawah yang kering karena berarti mampu menahan air merembes melalui pori-pori genteng.

Melihat warna genteng

Pilih genteng dengan warna kuning kemerahan,lebih tepatnya mengarah ke warna oranye. Semakin berwarna merah semakin menandakan bahwa genteng tersebut telah melewati fase pembakaran dengan benar. Genteng yang telah matang akan tahan lama dan lebih kuat.

Bersuara nyaring

Cara mengetahui kepadatan dalam komposisi genteng, dapat dilakukan dengan cara memukul genteng dengan ibu jari. Apabila genteng tersebut berbunyi nyaring, maka dapat dipastikan kondisi genteng tersebut baik karena telah matang saat dibakar. Namun apabila sebaliknya yang terjadi, dapat dipastikan genteng tersebut kurang baik.

Tumpuk genteng beberapa lapis

Kekuatan genteng dapat diketahui dengan cara menumpuk genteng sebanyak beberapa lapis ke atas. Jika genteng tersebut kuat maka tidak akan pecah, sedangkan apabila genteng tersebut retak maka dapat diartikan genteng tersebut kurang kuat.

Untuk melakukan cek kualitas genteng, dapat dilakukan dengan cara mengambil beberapa sampel secara acak. Jumlah sampel yang disarankan adalah sebanyak 5 % dari jumlah total yang ada. Apabila kita punya 500 genteng maka kita dapat mengambil 25 genteng secara acak kemudian dapat dilakukan pengujian seperti yang telah disampaikan di atas.

 

PUSAT GENTENG DI JOGJA – GENTENG BERKUALITAS JOGJA – GENTENG TERLENGKAP JOGJA – Pusat Genteng Terlengkap di Jogja. Harga Terjangkau banyak pilihan dan Berkualitas. Untuk pemesanan KLIK DISINI | Hubungi kami di Telp: (0274)623 225 | WA: 085101470536 | Fax: (0274)641 5387 | Email: ssrgenteng@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *