Macam Bentuk Atap Rumah #2

Macam Bentuk Atap Rumah #2

MACAM BENTUK ATAP RUMAH #2

Macam Bentuk Atap Rumah – Tahukah Anda, jika bentuk atap rumah tidaklah hanya satu jenis dan satu bentuk. Mungkin bagi orang awam bentuk atap hanyalah satu yang kebanyakan kita lihat rumah-rumah dipinggir-pinggir jalan, sebagian besar bentuknya sama. Bentuk atap rumah ini terdiri dari beberapa macam loh !

Bentuk Atap Rumah Untuk Inspirasi Anda

Ada berbagai bentuk atap yang umum digunakan masyarakat di berbagai negara. Jika Anda sedang berencana membangun atau merenovasi rumah, paparan di bawah ini akan membantu menentukan pilihan bentuk atap yang sesuai dengan kondisi dan bujet Anda.

8. Atap pelana ganda

 Rumah by Canexel

Desain atap pelana ganda memadukan dua atap pelana pada satu bangunan. Jika dilihat dari depan atap ini akan membentuk huruf M.

9. Atap kubah

 Rumah by Grupo Serrato Arquitectos

Atap jenis ini berbentuk seperti separuh bagian bola dan bisa kita lihat pada tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Pada perkembangannya, atap kubah juga digunakan pada gedung konser orkestra, museum, gedung pertemuan, atau gedung yang biasa digunakan untuk aktivitas kesenian lainnya.

10. Atap gambrel

 Rumah by ARK+

Atap gambrel juga biasa disebut Dutch roof (atap Belanda) di Inggris dan Amerika Utara. Atap ini terdiri dari dua bidang dan masing-masing terdiri dari dua kemiringan pada tiap sisinya, yaitu landai di bagian atas dan curam di bagian bawah. Desain atap ini jarang digunakan di Indonesia, namun masih bisa kita lihat pada beberapa rumah peninggalan jaman kolonial.

11. Atap piramida

 Rumah by Техно-сруб

Atap piramida digunakan pada rumah yang berbentuk segi enam atau segi delapan, sehingga bidang segitiga yang membentuk atap ini bisa lebih dari empat.

12. Atap mansard

 Rumah by AGRAFFE design

Atap mansard biasa disebut French roof atau atap Prancis, karena atap jenis ini banyak digunakan di negara itu di awal Abad Pertengahan. Atap ini merupakan paduan dari atap gambrel dan atap perisai, di mana terdapat empat bidang curam yang bertemu di bagian puncak berbentuk atap perisai. Rumah beratap mansard tidak hanya cantik, namun juga fungsional. Bagian atap yang curam akan membentuk ruang kosong di bagian atas rumah dan bisa dimanfaatkan sebagai loteng atau kamar tidur.

13. Atap bonnet (atap joglo)

Bentuk atap bonnet merupakan kebalikan dari atap mansard. Atap bonnet curam di bagian puncak dan melandai di bagian tepinya. Dilihat sekilas, atap ini berbentuk limas bersusun. Atap ini banyak digunakan di rumah tradisional Jawa, sehingga disebut juga dengan atap joglo.

14. Atap kupu-kupu

 Rumah by Office of Feeling Architecture, Lda

Atap kupu-kupu adalah kebalikan dari atap pelana, dengan dua bagian yang lebih tinggi di bagian tepi dan menukik curam di puncaknya. Bentuk atap ini mengundang perhatian, dan fungsional karena dapat mengumpulkan air hujan di bagian puncak/ tengahnya. Air yang terkumpul di sini kemudian ditampung dan bisa dimanfaatkan untuk mengisi kolam ikan atau untuk mencuci.

PUSAT GENTENG DI JOGJA – GENTENG BERKUALITAS JOGJA – GENTENG TERLENGKAP JOGJA – Pusat Genteng Terlengkap di Jogja. Harga Terjangkau banyak pilihan dan Berkualitas. Untuk pemesanan KLIK DISINI | Hubungi kami di Telp: (0274)623 225 | WA: 085101470536 | Fax: (0274)641 5387 | Email: ssrgenteng@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *