Keuntungan Mengecat Genteng Rumah

genteng keramik

genteng keramikKEUNTUNGAN MENGECAT GENTENG RUMAH

Genteng – Bagaimana dengan mengecat genteng rumah? Salah satu keuntungan yang didapat adalah mempercantik tampilan genteng rumah Anda. Lantas apa saja keuntungan atau kelebihan lainnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Manfaat Mengecat Genteng Rumah Atau Bangunan

1. Meningkatkan Keindahan Rumah
Rumah/bangunan yang genteng nya dicat akan tampak lebih sedap dan indah dipandang dari pada yang tidak dicat, warna genteng juga bisa disesuaikan dengan warna bangunan sehingga akan terkesan lebih serasi.

2. Mencegah Rembes, Lumut dan Bocor
Cat pada genteng akan menutup pori-pori permukaan genteng sehingga genteng rumah tidak mudah merembeskan air, karena air tidak dapat merembes dan pori-pori tertutup maka lumut tidak bisa tumbuh. Rapatnya pori-pori pada permukaan genteng akan mencegah terjadinya kebocoran.

3. Memperpanjang Usia Genteng
Karena genteng terhindar dari endapan air yang disebabkan menutupnya pori-pori genteng maka genteng tidak akan mudah kropos sehingga genteng yang dicat akan memiliki umur yang lebih panjang dari pada yang tidak dicat.

Cara Mengecat Genteng Rumah

Pertama sediakan alat dan bahannya terlebih dahulu, bahan yang diperlukan adalah cat genteng, genteng dan air, sedangkan alat yang diperlukan adalah kuas, tempat duduk dan wadah cat.
1. Campurkan cat genteng dengan air secukupnya agar tidak terlalu kental, karena jika kental akan mengakibatkan boros cat genteng sehingga apabila boros maka makin besar juga biaya yang harus dikeluarkan. Dalam praktek saya mengecat genteng menggunakan cat merk Nippon Paint, Anda bisa menggunakan merk lain yang sesuai dengan selera Anda. Jangan juga terlalu cair karena hasilnya tidak akan bagus.

2. Kuaslah permukaan genteng yang bagian atas (bagian yang menghadap matahari) dengan rata, perlu diulangi jika hasilnya kurang rata. Dalam praktek saya mengecat genteng saya kuas dua kali agar pori-pori benar tertutup dan warna genteng benar-benar merata.

3. Genteng yang sudah dicat diletakkan ditempat yang terik atau terbuka agar cepat kering, biasanya kalau menggunakan cat khusus genteng cat akan cepat sekali kering, kemarin waktu saya mengecat genteng masjid tidak sampai 5 menit cat sudah kering.

Dalam prakteknya pengecatan genteng ada dua cara, pertama sebelum genteng dipasang di atap rumah, genteng dicat terlebih dahulu. Kelebihan cara ini adalah mengecat genteng lebih mudah, aman dan rata. Cara kedua yaitu mengecat genteng yang sudah dipasang di atap rumah, cara ini lebih beresiko untuk tukang cat dan potensi genteng pecah akibat terkena pijak (kecuali genteng sangat tebal dan kokoh).

Cara Mengecat Genteng

Jadi sebaiknya mengecat genteng sebelum genteng dipasang di atap rumah, namun jika rumah Anda sudah lama dan genteng terpasang secara permanen maka cara kedua yang paling memungkinkan dilakukan. Saran saya sebaiknya gunakan tukang berpengalaman untuk pengecatan di atap rumah agar minim resiko.

PUSAT GENTENG DI JOGJA – GENTENG BERKUALITAS JOGJA – GENTENG TERLENGKAP JOGJA – Pusat Genteng Terlengkap di Jogja. Harga Terjangkau banyak pilihan dan Berkualitas. Untuk pemesanan KLIK DISINI | Hubungi kami di Telp: (0274)623 225 | WA: 085101470536 | Fax: (0274)641 5387 | Email: ssrgenteng@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *